Tips Untuk Memilih Web Hosting Yang Benar

image_alt
Tips memilih webhosting terbaik

Oke teman-teman, sekarang kita sudah tahu apa itu web hosting dan kita juga sudah tahu perbedaan dari berbagai macam hosting yang ada, jika kamu belum tahu silahkan baca artikel tertait di bawah ini.

Sekarang waktunya kita berlangganan hosting website dong. Hah? Belum bisa? Kenapa? ini jawabanya.

gtproject

Sangat bagus jika kamu sudah memiliki ide untuk website kamu, Tapi apakah kamu sudah memikirkan provider web hosting mana yang akan kamu gunakan?

Pertama, pilihan web hosting kamu sangat penting karena itu menentukan performa dan keamanan website kamu yang pada akhirnya mereseksikan bisnis dan merekamu. Namun, dengan begitu banyak provider web hosting yang bisa dipilih, gimana sih cara kita membuat pilihan yang tepat?

Related Posts

Ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih provider web hosting. Mulai dari uptime, kecepatan loading, keamanan, sampai dengan testimoni pelanggan.

5 Faktor yang harus diketahui

Berikut adalah bebrapa faktor lanjutan yang harus kamu ketehui

  1. Waktu Uptime

    Waktu aktif rata-rata website kamu sangat penting karena dapat mempengaruhi seberapa banyak kunjungan yang didapat website kamu. Yang berarti juga mempengaruhi seberapa besar kemungkinan terjadinya pembelian dari jasa atau produk yang kamu tawarkan. Hanya satu jam waktu downtime berarti bisnis kamu sudah kehilangan banyak potensi penjualan.

    Inilah sebabnya mengapa wajib bagi kamu untuk memilih provider web hosting yang bisa menjamin waktu aktif rata-rata website kamu 100% atau sedekat mungkin dengan itu. Jika waktu aktif rata-rata website kamu di bawah 99,90%, berarti kamu harus mulai mencari provider web hosting yang lain.

    Jangan lupa, pastikan juga dari pengalaman pelanggan lain seberapa sering masalah waktu uptime yang dialami oleh mereka sebagai bahan pertimbangan kamu dalam memilih provider web hosting.

  2. Kecepatan Loading

    Berdasarkan hasil riset dari Google, 53% pengunjung akan meninggalkan website yang memakan waktu loading lebih dari 3 detik. Maka dari itu, sangat direkomendasikan bagi kamu untuk mempunyai website dengan performa log speed yang cepat.

    Tak hanya itu, Google juga menjadikan kecepatan website sebagai metrik pada algoritma mereka untuk menentukan website mana yang mendapatkan rank lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Ini berarti website yang biasa kamu jumpai di halaman pertama Google memiliki kecepatan website yang baik.

  3. Keamanan

    Website kamu adalah aset kamu yang paling berharga, penuh dengan info dan data yang penting membuatnya terlihat baik, bagus dan berfungsi dengan baik bagi pengunjung. Makanya saat kamu memilih provider web hosting jangan lupa faktor keamanan.

    Dalam dunia maya saat ini, di mana serangan cyber semakin sering terjadi, jadi sangat penting untuk memilih provider web hosting yang memprioritaskan keamanan cyber.

    Pilihlah provider yang menawarkan langkah-langkah keamanan yang kuat seperti sertifikasi SSL, firewall, backup regular, dan pendeteksi malware. Dengan itu kamu dapat menjaga semuanya tetap aman dan sehat.

    Coba saja kalau ada provider yang bisa menyediakan keamanan terbaik bagi website kamu.

  4. Costumer Suport 24/7

    Dukungan pelanggan yang terpercaya sangat diperlukan terutama saat terjadi masalah teknis yang tak terduga.

    Ketika memilih provider web hosting, cari yang menawarkan dukungan pelanggan 24x7 melalui berbagai saluran seperti live chat, email, dan telepon.

    Menurut survei yang dilakukan oleh Korot di tahun 2023 29% pelanggan menginginkan respon yang cepat dan menghubungi.

    Live chat terlebih khusus merupakan saluran komunikasi yang disukai karena memungkinkan provider hosting kamu untuk segera membantu kamu jika kamu mengalami masalah dengan website kamu.

  5. Harga

    Meskipun harga merupakan faktor penentu, penting juga untuk mempertimbangkan nilai yang ditawarkan oleh provider web hosting.

    Warning!
    Jangan tertipu dengan harga murah seperti harga untuk shared hosting.

    Opsi ini mungkin tampak ramah di kantong pada awalnya, tapi seringkali memiliki kesalahan. Terbatasan dalam hal kecepatan dan fitur-fitur penting atau bahkan layanan customer service yang kurang bisa diandalkan, di tambah lagi biaya perpanjangan bisa jadi lebih tinggi dari yang diharapkan.

    Hindari memilih hanya berdasarkan harga yang murah karena opsi berbiaya yang rendah dapat mengorbankan fungsionalitas. Sebaliknya, evaluasi paket dan harga dari fitur yang ditawarkan oleh provider yang berbeda untuk menentukan harga dengan nilai terbaik yang masih sesuai dengan anggaran kamu.

    Dengan cara ini kamu memastikan untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa mengorbankan kualitas.

  6. Kemudahan Pengguna

    Provider hosting yang baik juga harus bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya, seperti memonitor resource dan menginstal software tanpa kesulitan. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa dibimbing melalui tutorial atau informasi bermanfaat dalam bentuk tulisan maupun audio, visual alias video.

  7. Testimoni Pelanggan

    Kamu tidak boleh melupakan hal penting ini (Testimoni Pelanggan).

    Sebelum membuat keputusan akhir, lakukan research dan baca ulasan tentang reputasi provider hosting. Selain dari website resmi masing-masing provider, kamu dapat menemukan testimoni pelanggan di blog atau forum. Namun sangat penting untuk memastikan bahwa ulasan-ulasan tersebut relevan dengan paket hosting yang ingin kamu pilih.

    Jangan sempat kamu memilih paket hosting A tapi akhirnya membaca ulasan tentang paket hosting B. Ada baiknya untuk mengkaji kembali semua testimoni baik dan buruk dari provider hosting yang kamu ingin. Jangan langsung menelan mentah-mentah semua testimoni pelanggan. Begitu pula tanggapan dari provider hostingnya.

Selamat! Sekarang kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang kamu perlu saat memilih hosting dengan benar. Semoga dengan Potingan ini kamu bisa memilih hosting provider yang cocok dengan tujuan website kamu dan bisa berhasil ke depannya.

Semoga artiel ini bermanfaat dan sampai berjumpa di postingan berikutnya. Bye!

About the author

G-TRIK ID
Saya adalah seorang content creator di semua aplikasi : Facebook, Youtube, Blogger, Snack Video dan Aplikasi Lainnya

Posting Komentar