Facebook selama bertahun-tahun telah menjadi salah satu platform terbesar di dunia untuk berbagi konten, baik berupa teks, gambar, hingga video.
Buat sebagian creator, Facebook itu bukan cuman tempat berbagi cerita atau update kehidupan sehari-hari, tapi kini juga sebagai ladang untuk mencari penghasilan.
Nah, fitur monet iklan in-stream Facebook jadi salah satu cara creator untuk bisa dapet cuan dari konten video on-demand mereka.
Namun, baru-baru ini ada perubahan besar dalam sistem monet ini. Kalau dulu siapapun yang memenuhi syarat itu bisa mendaftar, sekarang fitur ini hanya tersedia bagi creator yang mendapatkan undangan khusus.
Related Posts
Buat para pemula, perubahan semacam ini mungkin terkesan menakutkan ya, tapi sebenarnya ada banyak dampak baik dari kebijakan ini yang patut kita perhatikan.
Pada artikel sebelum nya saya sudah mempoting dampak bur*k kebijakan monetisasi facebook terbaru, nah intuk post kali ini yang saya share yaitu dampak baiknya.
So, kalau dilihat dari kacamata yang positif, sebelumnya banyak creator pemula itu merasa sulit untuk bisa memenuhi syarat monet di Facebook. Mereka harus memiliki ribuan penonton, jam tayang, dan jumlah pengikut yang banyak. Terus itu tuh nggak mudah ya kan buat dapetinnya.
Namun, dengan sistem undangan khusus, peluang bagi creator baru justru terbuka lebih lebar. Facebook ini tentunya lebih selektif memilih creator yang punya potensi besar untuk berkembang.
Artinya, nggak perlu lagi khawatir soal memenuhi syarat teknis yang sulit, sekarang yang lebih penting adalah kualitas konten kamu dan kemampuan untuk menarik perhatian penonton.
Jadi sekarang kita bahas saja lebih dalam apa aja sih tiga dampak positif dari perubahan kebijakan ini?
3 Dampak Postif Perubahan Kebijakan Monetisasi Facebook In-stream Terbaru
- Peluang lebih besar bagi creator pemula.
Nah, perubahan kebijakan monet iklan in-stream, itu tuh jelas membuka peluang baru bagi creator pemula pastinya ya.
Dulu, syarat monet Facebook terkesan memberatkan dan bikin kebanyakan creator yang baru mulai itu kehilangan harapan gitu.
Jadi kayak para pemula itu sudah melihat angka nih masih kecil saja gitu kan.
Di persyaratannya, ya mereka bisa-bisa putus asa gitu. Kalau nggak, nyampe-nyampe gitu ya, jadi Nggak penuh-penuh tuh syaratnya.
Kemudian, dengan jumlah minimal pengikut dan jam tayang yang harus dipenuhi. Banyak juga nih yang akhirnya berhenti sebelum mereka bisa benar-benar berkembang.
So, dengan adanya sistem undangan khusus untuk iklan in-stream. Creator baru nggak perlu lagi pusing memikirkan syarat-syarat tersebut. Mereka hanya perlu fokus membuat konten yang kreatif dan relevan.
Creator pemula sekarang itu bisa mendapat kesempatan yang sama besar. Untuk diundang ke program monetisasi asalkan kontennya punya daya tarik.
Algoritma Facebook mungkin akan memperhatikan creator yang berpotensi menarik penonton secara konsisten.
Meskipun jumlah pengikut atau penontonnya belum sebanyak creator yang sudah besar, Ini memberikan angin segar bagi mereka yang serius mengembangkan konten tanpa harus merasa dibatasi oleh angka-angka teknis yang sulit dijangkau dan belum lagi katanya itu suka berkurang tiap harinya.
Oke lanjut lagi, selain itu sistem undangan itu tuh juga akan membantu menjaga kualitas creator yang bergabung dalam program monet tersebut.
Facebook itu bisa memilih creator yang memang layak diberi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, dan bukan hanya mereka yang berhasil mencapai syarat teknis dengan cara instan.
Karena kan ada tuh biasanya yang nakal, suka curang gitu ya, veli followers lah, beli jam tayang lah.
Nah sekarang ketika Facebook itu sudah ngak memperlakukan itu lagi, gimana? Gak pada tau kan jam tayangnya sudah berapa gitu.
Nah creator yang dipilih dengan sistem undangan itu biasanya akan lebih berfokus pada kualitas konten, sehingga program yang barunya Facebook ini juga secara gak langsung akan mendorong munculnya konten-konten yang lebih menarik dan informatif di platform mereka.
- bijakan baru ini akan mendorong creator untuk fokus pada kualitas konten.
Nah dengan sistem persyaratan teknis yang lebih longgar, creator ini lebih leluasa untuk mengeksplorasi ide dan meningkatkan kualitas konten mereka.
Sebelumnya ada tekanan besar untuk segera memenuhi jumlah penonton dan jam tayang tertentu.
Banyak yang akhirnya terjebak dalam mengejar angka, sehingga konten yang dihasilkan jadi kurang orisinal dan terasa dipaksakan. Ya gak? Ayo ngaku.
So sekarang dengan adanya perubahan semacam ini terkait monet in stream, creator itu bisa fokus untuk membuat konten yang benar-benar menarik tanpa merasa terbebani oleh target yang tinggi.
Nah kualitas konten menjadi faktor utama dalam hal ini yang diperhatikan oleh Facebook ya ketika memberikan undangan.
Creator yang berhasil membangun koneksi dengan penonton yang melalui konten yang menarik, informatif dan menghibur berpeluang besar mendapatkan undangan tersebut.
Ini tentu jadi motivasi bagi creator baru untuk ngak hanya fokus pada angka, tapi juga memperhatikan bagaimana mereka itu bisa menghadirkan konten yang meaningful dan punya nilai bagi penontonnya.
Terus bukan cuma itu, perubahan kebijakan ini itu juga akan memaksa creator untuk lebih kreatif dan inovatif.
Bukan memaksa sih ya, tapi mempersilahkan gitu bahasa positifnya ya kan?
Jadi para creator itu harus berpikir bagaimana caranya konten mereka itu bisa stand out dan on point gitu di tengah banyaknya konten lain yang berseliwuran di Facebook.
Kompetisi semacam ini tuh bakalan menjadi lebih sehat ya karena gak cuma soal siapa yang punya angka paling besar, tapi siapa yang punya ide paling menarik dan bisa membangun engagement dengan penontonnya.
Ya itu dia poin yang kedua, lalu sekarang yang terakhir atau yang ketiga
- Lingkungan di Facebook akan menjadi lebih sehat bagi para creator.
Dengan syarat yang lebih ketat melalui jalur undangan. Creator yang benar-benar serius dan berdedikasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas itu akan lebih dihargai pastinya.
Lingkungan yang kompetitif tapi sehat semacam ini tentunya akan membantu mendorong creator untuk terus berinovasi tanpa harus merasa tertekan oleh persyaratan teknis yang dulu kadang-kadang ya terasa memberatkan.
Nah dengan tidak lagi fokus pada angka-angka, creator itu bisa lebih leluasa dalam mengeksplorasi ide dan mengekspresikan diri mereka.
Mereka itu gak perlu merasa cemas dan mereka hanya bisa mengekspresikan diri mereka. Karena yang diutamakan sekarang adalah kualitas konten dan engagementnya.
Dengan begitu akan ada lebih banyak creator yang bisa bertahan lama dan terus berkembang di Facebook.
Kemudian lebih dari itu, perubahan ini juga akan membantu menekan jumlah konten spam atau clickbait yang kadang muncul hanya demi mengajar target penonton.
Kan dulu pada suka protes tuh konten 3 detik, 5 detik, cuman video direkam sembarangan, terus dikasih tulisan gede-gede gitu, terus bisa monet dan sebagainya.
Sekarang kira-kira masih bisa nggak menurut kalian setelah kebijakan yang baru diberlakukan secara keseluruhan nantinya?
Nah, kita balik lagi ke benang merahnya tadi ya, dengan seleksi yang lebih ketat, Facebook itu tentunya bisa memastikan bahwa hanya creator yang benar-benar layaklah yang bisa mendapatkan penghasilan dari iklan in-stream.
Hal tersebut tentu memberikan keuntungan bagi para penonton karena mereka akan disajikan dengan konten-konten yang lebih berkualitas dan relevan.
Ya, semoga aja lah ya, semoga nggak ngalur ngidul gitu pekerjaan AI-nya Facebook dalam istilahnya menyeleksi siapa yang layak, siapa yang nggak untuk diundang pada program monet yang baru tersebut.
Nah, sekarang kita sampai pada kesimpulan dari apa. Apa yang sudah saya jelaskan di atas yaitu perubahan dari persyaratan monetisasi Facebook yang awalnya terbuka untuk siapa saja menjadi sistem undangan khusus ini mungkin terdengar menantang di awal.
Namun bagi creator pemula, ini justru bisa jadi peluang besar untuk berkembang dengan lebih fokus pada kualitas konten ketimbang mengenai syarat teknis.
Creator itu bisa lebih leluasa ya guys, berkreasi dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan penontonnya.
Selain itu, sistem ini juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan kompetitif, di mana creator yang serius akan lebih dipercaya.
Jadi, bagi kamu yang baru mulai jangan khawatir ya, teruslah berkreasi dan kembangkan konten yang berkualitas.
Karena siapa tahu undangan monetisasi in-stream dari Facebook kelak otw ke kamu.
Dan seperti biasa, tolak ukur kita itu adalah tolak ukur rasionalitas, bukan secara teknis dan sebagainya.
Karena kalau kita amati, demikianlah yang akan terjadi ya mengenai dampak positifnya dari perubahan kebijakan monetisasi iklan in-stream di Facebook.
Dari yang di atas, ada sejumlah persyaratan menjadi jalur khusus undangan, seperti halnya program iklan reels dan juga bonus sebelumnya.
So, buat para pemula, semangat terus ya kontennya.
Dan ya buat semuanya, kita ketemu lagi dinpostingan berikutnya. Terima kasih sudam membaca sampai selesai.