Beberapa Extension Chrome Yang Wajib Di Ketahui

Extension Chrome
image_alt
Extension crome

Berapa banyak extension yang kamu pakai di Google Chrome? Satu, dua, lima, atau mungkin kamu belum tahu apa itu extension.

Bagi yang belum tahu, Google memungkinkan kamu untuk memasang extension pada Chrome untuk menambahkan fitur-fitur yang tidak dimiliki Chrome secara bawaan.

Mulai dari hal biasa seperti mengganti tampilan kursor, sampai hal penting seperti memblokir situs-situs mencurigakan secara otomatis.

Related Posts
Mari kita lihat beberapa extension Chrome yang dapat berguna bagi kamu.

Extension Google Crome

By the way, semua extension ini bisa kamu dapatkan di website Chrome Web Store.

  1. Grammarly
    Grammarly adalah typing assistant berbasis cloud yang membantu kamu dalam semua penulisan kamu.

    Untuk menambah extension ini, pergilah ke website Chrome Web Store - lalu cari Grammarly dan tekan tombol Add to Chrome.

    Grammarly akan mulai terinstall. Ini juga cara kalian menginstall extension lainnya dari Chrome Web Store. Setelah itu, kamu akan diminta untuk login atau sign up sebelum melanjutkan.

    Setelah membuat akun, Grammarly langsung berfungsi di Chrome.

    Mau itu menulis email, komentar YouTube, atau blog, Grammarly akan meningkatkan tulisan kalian dalam segi grammar. Tanda baca, ejaan, sampai pemilihan kata yang tepat.

    Kalian bisa tahu jika Grammarly aktif saat ada icon Grammarly atau titik hijau saat kalian menulis.m, atau akan ada garis bawah dengan warna hijau, merah, atau biru di bawah kata-kata.
  2. uBlock Origin
    Extension adblocker ini berfungsi memblokir iklan yang mengganggu dan juga melindungi privasi kamu selama kamu browsing. Semua ini dilakukannya otomatis, jadi kamu tidak perlu mengatur apa-apa.

    uBlock juga mempunyai berbagai filter bawaan yang bisa kamu gunakan untuk mengubah cara extension ini bekerja di browser kamu. Atau kamu bisa membuat filter sendiri sesuai dengan kebiasaan browsing kamu.

    Sayangnya, dengan perubahan framework yang dilakukan Google untuk extension Chrome mereka, banyak extension yang akan berhenti didukung di browser tersebut termasuk uBlock.

    Untungnya, developer uBlock telah membuat extension, yang mendukung iterasi terbaru dari software ini yaitu uBlock Origin Lite yang mendukung framework terbaru Google. Walaupun fitur dari uBlock Lite ini tidak secanggih versi aslinya.

    Selanjutnya, ada extension sederhana yang ternyata cukup berguna yaitu
  3. Magnifying Glass
    Extension ini memungkinkan kamu untuk memperbesar sebuah bagian dari halaman web.

    Tapi, bukannya fitur ini sudah ada di Chrome?Betul. Tapi extension ini melakukannya dengan beda dan dengan pengaturan lebih.

    Pertama, zoom yang diberikan oleh Magnifying Glass tidak terjadi pada seluruh browser, tapi hanya pada kursor mouse.

    Ini memungkinkan kamu untuk hanya memperbesar area yang kamu inginkan tanpa mengganggu elemen halaman lainnya.

    Kamu bisa mengganti tiga pengaturan dari zoom-nya.
    • Capture Area, yaitu ukuran dari area efek kaca pembesar.
    • Zoom Level yang akan mengubah tingkat zoom-nya sendiri.
    • Border Color, yaitu warna border dari kaca pembesarnya.
    Selanjutnya, ada sebuah extension yang aku yakin tidak kamu ketahui, yaitu
  4. Tango
    Tango memungkinkan kamu untuk membuat panduan hanya dalam hitungan detik.

    Setelah menginstal dan membuat akun untuk Tango, extension ini siap untuk dipakai. Klik Tango di kanan atas dan akan muncul layar di samping di mana kamu bisa mulai menggunakan Tango.

    Klik tombol Start Capture dan Tango akan langsung merekam semua aksi kamu di browser. Mulai dari mengklik tombol, membuka menu, sampai mengisi kolom pencarian. Semua akan direkam Tango dan tidak perlu khawatir jika membuat kesalahan.

    Kamu bisa menghapus aksi apapun tanpa merusak urutan secara keseluruhan dan ada juga tombol jeda kalau kamu tidak mau Tango untuk merekam aksi-aksi selanjutnya.

    Dan juga, Tango secara otomatis mengambil screenshot dari aksi yang kamu lakukan untuk memberi bantuan visual di dalam panduan. Kalau sudah selesai, tekan tombol centang dan panduan pun tersimpan di workspace Tango kamu.

    Di sini, kamu bisa lanjut mengedit panduan yang kamu buat. Sekarang, panduan kamu pun siap untuk dibagikan ke semua orang.

    Yang terakhir, ada sebuah extension yang sebenarnya sudah ada di browser kamu.
  5. Google Password Manager
    Kalau kamu pernah mendapatkan pop-up ini saat login ke sebuah website, itu adalah Google Password Manager.

    Extension ini membantu kamu untuk menyimpan dan mengelola password kamu di semua perangkat.

    Dengan Google Password Manager kamu bisa menyimpan info login kamu seperti email dan password dengan opti autofill agar kamu tidak perlu mengisi info kamu kembali saat login selanjutnya.

    Password Manager ini juga memiliki fitur check-up di mana kamu bisa mendapatkan informasi terkait kata sandi yang terkompromi, kata sandi lemah dan perlu diubah, dan kata sandi yang digunakan secara berulang-ulang.

Gimana teman-teman? Apa ada extension di sini yang menurutmu bisa berguna untuk kebutuhan browsing kamu sehari-hari? Atau mungkin kamu punya extension yang sering digunakan yang ingin kamu bagikan? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye!

About the author

G-TRIK ID
Saya adalah seorang content creator di semua aplikasi : Facebook, Youtube, Blogger, Snack Video dan Aplikasi Lainnya

Posting Komentar