Apa itu Hosting dan apa fungsinya di website

image_alt
Penjelasan tentan Hosting

Hai teman-teman, pernah nggak sih dengar istilah hosting atau web hosting? Bagi kalian yang memiliki sebuah website, sudah pasti banyak mendengar istilah ini, tapi apa sih hosting itu, terus gimana cara kerja hosting, dan apa pentingnya hosting?

Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan yang di maksut di atas.

Jadi, apa sebenarnya hosting itu?

Hosting

Hosting atau web hosting adalah layanan yang menyediakan platform bagi organisasi dan individu menyimpan file mulai dari teks, gambar, video, script coding, hingga database yang membentuk website dan membuatnya dapat diakses secara online.

Bayangkan, web hosting sama seperti menyewa sebidang tanah untuk membangun rumah kamu dan Penyedia web hosting adalah penyelud tanah dan server mereka adalah tanahnya.

Related Posts

Contoh, sama seperti kamu membutuhkan tanah untuk membangun dan menampilkan rumah dan kamu juga membutuhkan hosting untuk membangun dan menampilkan rumah. Dan begitu juga untuk membangun dan menampilkan website kamu di internet.

Bagaimana cara kerja hosting

agar sebuah website dapat diakses oleh semua orang, website harus disimpan di server yang terhubung ke internet.

Ketika seseorang ingin melihat website kamu, mereka akan mengetikkan URL kamu di browser mereka dan komputer mereka akan terhubung ke server kamu dan setelah ini terjadi, server akan mengirimkan file-file dalam bentuk website kamu dan menunjukkannya kepada pengguna.

Mengapa Hosting itu penting

Hosting sangat penting untuk membangun dan menampilkan rumah yang artinya, Hosting sangatlah penting untuk membuat website kamu dapat diakses secara online.

Tampanya menghosting website secara pribadi akan sangat rumit dan memerlukan biaya yang sangat besar, namun bukan hanya itu saja.

  1. Meyimpan data website.

    Hosting menyediakan penyimpanan untuk data website kamu, seperti detail produk untuk toko online, untuk memastikan situs kamu berjalan lancar tanpa bug atau downtime.

  2. Email domain khusus>

    Dengan hosting, kamu bisa membuat alamat email profesional dengan nama domain kamu. Sehingga, meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme.

  3. Keamanan website

    Layanan hosting membantu mengamankan website kamu, melindunginya dari pembobolan data dan cyber attack lainnya, Terutama dengan protokol dan sertifikasi keamanan tinggi.

  4. Meningkatkan SEO

    Layanan hosting yang baik dapat meningkatkan kecepatan loading website kamu, yang berdampak positif pada peringkat SEO. Sehingga membantu situs kamu mencapai posisi yang lebih tinggi pada Search Engine Result Page, atau SERP.

Nah, itu saja penjelasannya. Tentang web hosting dan fungsi-fungsinya untuk kali ini. Gimana? Tertarik untuk mempunyai website sendiri? Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya. Bye!

About the author

G-TRIK ID
Saya adalah seorang content creator di semua aplikasi : Facebook, Youtube, Blogger, Snack Video dan Aplikasi Lainnya

Posting Komentar